Langkah Mengatasi Sakit Tenggorokan Ibu Menyusui

Radang tenggorokan membuatnya sulit untuk menelan seseorang. Biasanya, gejala lain diikuti, seperti batuk atau pilek. Biasanya, kondisi ini mudah diobati dengan minum obat. Namun, perlu banyak pertimbangan saat dialami oleh ibu menyusui. Karena obat yang diminum dapat mengalir ke ASI dan masuk ke tubuh anak. Jadi, bagaimana cara mengatasi sakit tenggorokan pada ibu menyusui?

Langkah Mengatasi Sakit Tenggorokan Ibu Menyusui

Selama menyusui, seorang ibu harus memberi perhatian khusus pada penggunaan berbagai obat. Alasannya adalah bahwa beberapa obat dapat mempengaruhi produksi dan aliran dalam ASI. Tentu efeknya akan memengaruhi anak Anda. Jadi Anda tidak boleh menggunakan narkoba secara sembarangan.

Jika Anda merasakan sakit tenggorokan, ikuti langkah-langkah ini untuk mengobatinya.

Konsultasi ke dokter

Selama menyusui, segala obat yang Anda gunakan harus dipantau oleh dokter. Jadi sebelum memutuskan untuk menggunakan obat-obatan tertentu untuk meredakan sakit tenggorokan, konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu. Dokter Anda mungkin akan meresepkan obat-obatan yang aman untuk dikonsumsi.

Dilaporkan oleh Royal Women Hosiptal, tablet tenggorokan, seperti benzydamine, dapat digunakan oleh ibu menyusui. Namun, obat tersebut sebaiknya tidak digunakan secara berlebihan karena dapat menyebabkan efek samping seperti diare.

Jika sakit tenggorokan disebabkan oleh pilek atau pilek, Anda bisa minum parasetamol atau ibuprofen. Pilihan lain seperti semprotan kortikosteroid untuk hidung yang mengandung beclometasone dan budesonide juga dapat digunakan.

Sementara itu, jika sakit tenggorokan disebabkan oleh batuk, Anda dapat minum obat batuk yang mengandung dekstrometorfan, fenokodin, guaifenesin, bromeksin. Jika tidak membaik dalam sepuluh hari, segera periksa kondisi medis Anda.

Berkumurlah dengan larutan garam

Cara menangani sakit tenggorokan cukup sederhana, tetapi cukup efektif untuk ibu menyusui. Larutan saline memiliki sifat antiseptik yang aktif membunuh bakteri menular.

Untuk melakukan ini, campur dua sendok teh garam ke dalam secangkir air panas. Lalu campur sampai garam larut dalam air. Saat air mulai memanas, Anda bisa berkumur dan menghilangkan solusinya. Anda dapat melakukan ini beberapa kali agar tenggorokan Anda lebih cepat membaik.

Minumlah madu

Selain salin, cara lain yang dapat dilakukan ibu menyusui untuk mengatasi sakit tenggorokan adalah dengan minum madu. Madu adalah obat alami yang manjur.

Artinya, madu bisa menutupi tenggorokan, mengurangi peradangan dan menenangkan jaringan iritasi di sekitar tenggorokan. Wanita hamil dapat minum sesendok madu sebelum tidur untuk meredakan tenggorokan dari gatal dan sakit.

Minumlah teh panas

Cara mengatasi sakit tenggorokan pada ibu menyusui berikutnya adalah minum teh panas. Suhu hangat dari minuman ini dapat meredakan sakit tenggorokan dan gatal-gatal. Selain itu, dapat meredakan sesak napas.

Anda bisa menambahkan bahan-bahan lain ke dalam teh, seperti irisan madu dan lemon agar lebih lezat.

Minumlah banyak air dan istirahat

Selain metode yang disebutkan sebelumnya, ibu menyusui harus minum banyak dan istirahat agar kuat melawan penyakit. Selain itu, air dapat membantu mengurangi lendir yang membuat tenggorokan terasa gatal dan nyeri.

Sementara itu, istirahat yang cukup bisa membuat tubuh lebih bugar sehingga cepat pulih dari sakit tenggorokan.

Baca Juga :